This is a place for me to write all that happen in the past, present, and future of my life and all the things in the world that i concern about...please enjoy!

Monday, September 8, 2008

Benefit untuk keluarga di Chevron

Disclaimer: Penulis sudah tidak bekerja di Chevron dan tidak mengetahui tentang benefit terkini ataupun tawaran training dll. Terima kasih.

Ada beberapa informasi apabila ada teman, atau saudara yang diterima di perusahaan Amerika ini, dan fasilitas apa aja yang bisa didapatkan oleh keluarga (istri dan anak) dari pegawai perusahaan ini.


1. fasilitas pendidikan bagi anak pegawai:
seluruh anak pegawai chevron mendapat fasilitas pendidikan yang sangat bagus untuk ukuran pendidikan di indonesia mulai dari TK hingga SMU yang dikelola oleh yayasan yg di support oleh chevron. selain itu bagi anak pegawai yang berprestasi mendapat beasiswa penuh ke luar negeri (texas, houston) dan dalam negeri.


2. fasilitas bagi keluarga pegawai (anak dan istri)

a. fasilitas perumahan, pegawai beserta keluarga diberi rumah dinas dalam komplek chevron, tipe rumahnya tergantung level pegawai tsb. fasilitas rumah semua gratis baik listrik maklum listrik chevron gak dari PLN tapi dari turbin chevron sendiri, air, dan telepon antar perumahan chevron. komplek perumahan chevron merupakan komplek yang sangat nyaman untuk di tempati mirip komplek perumahan elit di jakarta, atau mirip dengan komplek perumahan yang ada di film2 barat(amerika) ada yang bilang kayak amerika kecil. para pegawai dan keluarga dimanjakan dengan failitas perumahan seperti fasilitas olahraga (renang, bowling, tenis ,dll ) dan fasilitas hiburan yang semuanya digunakan sesuka kita alias gratis hanya dengan menunjukkan badge saja.

b. fasilitas kesehatan, dalam perumahan chevron terdapat rumahsakit khusus pegawai dan keluarga chevron yang berstandar rumah sakit di amerika. mau berobat gratis kapan aja bisa berobat, terkadang sakit dikit aja pergi berobat mumpung gratis. trus jika penyakitnya cukup parah dimungkinkan di kirim ke singapura, semua biaya di tanggung perusahaan. keluarga pegawai yang berobat di luar wil chevron , misal berobat di jawa maka biaya pengobatan akan diganti oleh perusahaan.

c. fasilitas transportasi, semua aktivitas kita yang membutuhkan transportasi di wil kerja chevron (dari wil Dumai - pekanbru) akan diberikan mobil/bus dan supir nya sekalian yang siap mengantarkan kita ke tujuan,
selain itu, pegawai dan keluarga diberi fasilitas pesawat ( dumai-pekanbaru-jakarta(halim PK) yang bisa kita gunakan setiap hari sesuka kita ( kalau pesawatnya gak penuh, diliat dari ranking kepergian kita) gratis.

d. fasilitas hiburan, para pegawai dapat mengambil cuti dan berlibur ke singapura,malaysia,thailand,china hingga sampai ke amerika secara gratis sekali setahun (dilihat dari level pegawainya). biaya penginapan dan transportasi ditanggung perusahaan.

DONE


64 comments:

  1. Harusnya ditambahin,bas...Untuk Chevron Duri,hehehe
    Untuk poin 1, 2a, 2b, dan 2d; Chevron Balikpapan ada. Kurang yang 2c aja.

    ReplyDelete
  2. :)

    yang penting, beruntung nya famili bas ^_^

    so, cewe2 di luar sana.. silahkan meminang bas hihi (joking!)

    me

    ReplyDelete
  3. @radit,
    Untuk chevron Riau dit, duri, minas, rumbai, dumai, ada semua..hehe..

    @you,
    hehehe...iya, hanya 1 yang kurang, tinggal di riau, dan bukan di jakarta. Dan ini too comfort, i'm scared I can't develope myself well if I stay here for a long time..

    hmm, we'll see later..

    ReplyDelete
  4. wow...
    fasilitas untuk berkeluarga sudah memadai, bas..
    tinggal membentuk keluarga aja. hohoho.

    congrats, baskoro!
    wah, hebat sekali ya mas yang satu ini. heheh.

    ReplyDelete
  5. @vienz,
    Hehe, iya vin...sudah cukup atau bahkan sangat memadai...

    Trima kasih vin, ayo2 suruh mas okky mu itu buat apply jg nanti klo udah mo lulus..biar ngband d riau kita..hehe

    ReplyDelete
  6. Salam kenal.. tidak lama lagi suami saya akan bergabung di Chevron.. Dan sudah dipastikan saya dan si kecil juga akan ikut serta..
    Info dari Anda ini sangat berguna untuk membuka wawasan saya tentang tempat yang akan kami tinggali untuk waktu yang lama..
    Terima kasih yaa.. _Melati_

    ReplyDelete
  7. rumah sakit apa ya yang bekerja sama dengan chevron tapi letaknyya di jakarta

    ReplyDelete
  8. Banyak, hampir semua RS bagus di jakarta kerjasama dengan CPI. Seperti Pondok Indah, Puri Cinere, Pertamina, dll..

    (BuzZ)

    ReplyDelete
  9. Mas Bas, bisa tolong diinfo ada loker tidak untuk akunting atau audit..
    saat ini saya sudah hampir 5 th kerja sbg internal audit PT Djarum.
    Saya mau cari pengalaman lain di Chevron, karena saya dengar2 lebih menjanjikan.
    Tolong bales ke e mail saya andreas_o2h@yahoo.com kalo sempet.
    terima kasih sebelumnya,GBU

    ReplyDelete
  10. mas bas, tqs atas balesan di email saya..btw kalo untuk loker yang pengalaman 4 tahun dan di atas 4 tahun itu masuk level apa yah di chevron?
    trus untuk salary sekarang sekitar brapa yah untuk back office kalo boleh tahu..
    maaf pertanyaannya agak "sensitif", hehehe
    matur nuwun sanget mas bas :) by andreas

    ReplyDelete
  11. mas bas, tqs atas balesan di email saya..btw kalo untuk loker yang pengalaman 4 tahun dan di atas 4 tahun itu masuk level apa yah di chevron?
    trus untuk salary sekarang sekitar brapa yah untuk back office kalo boleh tahu..
    maaf pertanyaannya agak "sensitif", hehehe
    matur nuwun sanget mas bas :) by andreas

    ReplyDelete
    Replies
    1. D3 kalo penempatan untuk office hour Jakarta, BS or all in di 8-9jt.
      S1 kalo penempatan untuk office hour Jakarta, BS or all ini di 15-16jt.
      Nah kalo penempatan utk office hour Sumatra tambahan 21% dari BS, Kalimantan 21%, Darajat 10%.
      Kalo di Salak site, ada argo kelebihan kerja. Kalimantan site jg gitu. (Waktu kerja di remote area Salak & Kalimantan adalah 11jam)

      Yang tadi untuk yg fresh. Utk berpengalaman tgntg user yg nilai anda layak digaji lebih atau standard2 ajah

      Delete
  12. nice lah, merdeka chevron,!!!mdah2an aku bs kesana tahun 2013,!!!! Amin,!

    ReplyDelete
  13. wah wah...
    Memang fasilitasnya menjanjikan.

    Sayang kakek dan ayah ku sudah bekerja disana, giliran aku lulus, jadi bosan juga kalau tinggal disana lagi, secara 15tahun pertama hidupku dihabiskan di Kompleks Chevron Duri

    Tapi boleh lah, kalau sekali sekali berlibur dan bernostalgia ke Duri :)

    ReplyDelete
  14. berapa gaji untuk pegawai chevron?

    ReplyDelete
    Replies
    1. D3 kalo penempatan untuk office hour Jakarta, BS or all in di 8-9jt.
      S1 kalo penempatan untuk office hour Jakarta, BS or all ini di 15-16jt.
      Nah kalo penempatan utk office hour Sumatra tambahan 21% dari BS, Kalimantan 21%, Darajat 10%.
      Kalo di Salak site, ada argo kelebihan kerja. Kalimantan site jg gitu. (Waktu kerja di remote area Salak & Kalimantan adalah 11jam)

      Delete
    2. Kalo udah jabatan managerial sampai direksi berapa? kayaknya mantep tuh
      mohon sharingnya..
      Trima kasih

      Delete
  15. untuk gaji total posisi general manager di cpi kata temen ane bisa lebih dari 200juta..
    bener gak sih??
    mohon informasinya..
    terima kasih

    ReplyDelete
  16. Ngga kayaknya sih..terlalu tinggi kalau segitu

    ReplyDelete
  17. terima kasih.. mungkin ane salah denger.. soalnya kata temen ane .. untuk seorang senior engineer yg sudah berumur 40an.. dan bekerja di perusahaan migas asing yg ada di R.I total take home pay nya sekitar 100juta.. jadi ane memperkirakan gaji thp gm nya segitu..
    soalnya selain informasi gaji fresh graduate..kayaknya gaji management juga bakal bikin penasaran..

    terima kasih atas ralat dan masukanya

    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketinggian 200jt mah. Paling juga 100-150jeti lah

      Delete
    2. Owh segitu..
      Soalnya di perusahaan asing gak usah jadi manager atau sebagai senior engineer aja dengan masa kerja 10-15 taun gaji bersih pasti diatas 50jeti..bahkan bisa 100an kalo di offshore..

      Delete
  18. mas bas..saya ada interview dengan Manager PGPA tgl 6/2/2013 ini untuk posisi communication skill penempatan kerja Dumai/Jakarta...untuk pengalaman kerja saya experience 3 tahun di oil company diperusahaan daerah di riau juga....saya mau tanya biasanya ketika interview apa saja yang ditanyakan..dan untuk sallary dan facilitynya saya berada di grade berapa???
    tolong di email ke rytiaosi@yahoo.co.id

    Terima Kasih
    Regards



    ROP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya abis interview, nanti mas akan medcek, trz kalo OKe td tangan diterima kerja sambil bawa berkas2 asli termasuk ijazah utk verifikasi dan validasi CV mas. Nanti ada on boarding dulu 3bulan tapi mas tenang ajah, di CVX langsung digaji sama seperti karyawan yang lama. Setelah 3bulan nanti review kerjaan mas. Kalo gak ada masalah di attitude mah langsung mas. Itungannya dari awal mas masuk itu uda jadi karyawan tetap CVX. Selamat mencoba dan sukses ya

      Delete
  19. Mas saya baru akan join chevron penempatan jakarta, saya mau tanya mengenai hari pertama on boarding dimana kita akan membawa seluruh dokumen2 asli spt ijazah, Kk, KTP dll utk proses verifikasi, bagaimana kondisi verifikasi ini?apakah menyeramkan and vert strict? Apakah mereka akan memeriksa secara detail seperti ijazah, nilai IP, KTP dll? Hehe..bagi saya malah lebih menegangkan daripada test seleksinya sendiri, hehe..karena saya punya masalah di ijazah SD yang sudah hilang, KTP yang masih berupa resi karena masih dalam proses e-KTP, mohon infonya..mudah2 gak terlalu strict ya hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Don't worry bisa dibicarakan kok soal itu

      Delete
  20. office hour itu ap mas ?
    trus kalo fresh graduate, ntar masuk nya ke post yang mana, apa office hour, atau masih ada yang dibawah itu, apa step by step dari bawah ya, jenjang karir terbawah utk fresh graduate apa mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung pas interview nanti ditanya sekalian ke interviewer untuk posisi apa yang lg dibuka..

      Delete
  21. kalo jadi direksi gajinya brp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dilihat di comment2 sebelumnya..utk detailnya, pasti berubah (nambah) tiap tahun krn inflasi.

      Delete
  22. asik-asik, saya hari minggu ini akan aptitude test di jakarta. thank you buat sedikit pencerahannya, apakah kondisi 2008 masih sama dengan kondisi sekarang ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah tidak di Chevron. Tapi dengar dari kawan2, kondisi masih sama. Pasti utk salary, ada perubahan krn inflasi

      Delete
    2. Mas bas slam kenal? Aku ryan. Kasih tips mas untuk lolos kerja di chevron. Aku lg proses apply neh. Tolong pencerahannya ke email rian_agus89@yahoo.co.id. thank mas. Sehat selalu.

      Delete
    3. Mas bas slam kenal? Aku ryan. Kasih tips mas untuk lolos kerja di chevron. Aku lg proses apply neh. Tolong pencerahannya ke email rian_agus89@yahoo.co.id. thank mas. Sehat selalu.

      Delete
  23. Ryan, tips untuk lolos kerja di Chevron, yang pasti bahasa inggris jadi nilai tambah (karena nantinya akan berinteraksi dengan foreign people, jadi english is a must). Coba baca kiat-kiat interview dari ebook atau hal2 lainnya. Belajar untuk menjawab pertanyaan dengan semua hal yg positif, even ditanya ttg apa kekurangan anda (tricky question). Gesture saat interview jg sangat berpengaruh. Coba buka youtube, banyak contoh yg bisa dipelajari.

    Good luck!

    ReplyDelete
  24. Pak Bos, untuk karyawan baru apakah bisa langsung bisa membawa keluarga untuk menempati wisma ? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  25. Mas bas kemarin ane baru interview untuk d3 office hour di duri dapetnya gol 14 cuman ga dksh tau thp nya berapa. Kira2 dapet berapa ya?

    ReplyDelete
  26. Mas bas kemarin ane baru interview untuk d3 office hour di duri dapetnya gol 14 cuman ga dksh tau thp nya berapa. Kira2 dapet berapa ya?

    ReplyDelete
  27. Salam kenal mas bas.saya rudy dari ejen property Hutama pekanbaru.saya mau nanyak setiap karywan chevron saya dengar setiap tahunnya ada dapat jatah buat ambil property.rencana saya mau kerjada dengan pihak chevron.gimana caranya iya mas bas.saya hatus menghubungi bagian apa iya mas.mohon infonya mas bas bisa di kirim ke email saya mas : rudy.raywhite@yahoo.com
    Thx mas baskoro

    ReplyDelete
  28. Tidak setiap tahun dan tidak setiap karyawan. Setiap karyawan di undi berdasarkan masa kerja dan lain2 untuk bisa dapat benefit ini. Saya tidak tahu apakah bisa kerjasama karena jatah rumah ini walauapun diberikan perusahaan, tapi pencarian properti langsung antara tiap karyawan dengan semua realtor. Saran saya, karena mas rudy di pekanbaru, coba datang saja ke Rumbai dan cari bagian personalia untuk detail ttg ini.

    ReplyDelete
  29. Mas bas, salam kenal . Saya imam , mggu kmrin saya baru saja medcek utk penempatan di salak sebagai operation, menarik sekali blog mas bas. Cuma saya mau tanya nih, mas bas skg sudah tidak di chevron ? Sejak kapan mas ? Dan kalo blh tau skg krja dmna ?

    ReplyDelete
  30. Salam kenal Mas Imam. Selamat untuk proses medcheck semoga lancar sampai tahap berikutnya. Terima kasih sudah mampir ke blog saya Mas. Saya sudah pindah ke ConocoPhillips Indonesia sejak 4 tahun yg lalu. Sekarang sedang bertugas di Alaska.

    ReplyDelete
  31. Mas saya mw nnya, gmna yah cara masuk dperusahaan oil n gas dari tamatan smk?
    Mohon pencerahannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bisa masuk di industri migas, bisa lewat jalur langsung apply ke perusahaan migas itu sendiri, atau bisa melalui kontraktor atau vendor2 penyedia jasa migas seperti rig pengeboran, ataupun service company lainnya. Coba cek di google, selain itu baca artikel tentang membuat CV yg bagus, perkuat bahasa inggris (modal penting), dan terus berdoa

      Delete
  32. Mas bas perkenalkan dgn sy bayu,,sy bru d terima d chevron darajat utk onboarding 5 agust 2014,,sy mw tanya sbg karyawan bru d chevron,fasilitas ap aj yg sy dptkn?,,dan mw tanya klo siste,shift d darjat gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung ditanyakan ke HRD lewat telepon ataupun email. Selamat!

      Delete
  33. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  34. Dear mas Baskoro...

    Salam kenal yaa, saya dengan Amelia. Info dari mas Bas ini membuat saya ingin bisa cepet-cepet bergabung dengan PT. CPI.
    Bulan Mei lalu saya sudah tahap MedCheck untuk posisi HSE di Duri. Lalu pada bulan Juni saya di telepon bahwa saya lulus MedCheck, dan akan dihubungi kembali untuk kepengurusan keberangkatan ke Duri.
    Nah, pertanyaannya, biasanya berapa lama ya waktu yang dibutuhkan untuk menunggu dari pengumuman kelulusan MedCheck s/d proses keberangkatan? Karena hingga saat ini belum ada konfirmasi lagi mas Bas, dan check via web juga tidak bisa karena webnya dalam tahap perbaikan.
    Terima kasih ya mas Bas :)

    Berikut alamat email saya : ameliapuspaningrum@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat Mbak Amelia, semoga lancar untuk semua prosesnya. Setelah dikabarkan lulus medcheck, biasanya akan ada email yang isinya adalah job offer atau surat tawaran kerja. Sebelum ada email/dokumen tersebut, belum ada hitam diatas putih yg official. Sebaiknya Mbak Amelia coba telp kontak dr CPI dan jemput bola tanya ttg kelanjutan proses aplikasi tsb. Selamat sekali lagi!

      Delete
  35. Salam kenal mas Bas..mau tanya nih..kira2 salary untuk posisi ops-rotating technisi berpengalaman di chevron berapaan ya mas?.nuhun.

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  37. Selamat pagi mas bas..
    Saya Rusiana, saya ingin tanya nih..
    Kalau kerja di PT.chevron di Jakarta, fasilitas yg didapat apa???
    dan untuk jam office hournya di mulai dari jam berapa sampai jam berapa???
    semoga mas bas, mau menjawab..
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  38. Halo Rusiana. Fasilitasnya tidak ada, karena dianggap bukan remote area, kota besar. Tidak ada sumatra allowance yg 21% gaji, tidak ada rumah dan transportasi. Benefitnya adalah bisa tinggal di kota besar dengan pilihan hidup lebih banyak termasuk utk pendidikan anak, kesehatan, dll.
    Jam kerja normal dari 7-4 sore atau 6-3 atau 8-5. Semua bisa dibicarakan dengan supervisor krn jam kerja fleksibel asalkan pekerjaan dan tanggung jawab selesai. Semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  39. Halo Mas Bas, kalau boleh tahu dulu mas lulusan jurusan apa dari universitas apa ya ?
    seandainya saja saya yang lulusan s.kom ada peluang gak untuk apply disana ? dan apakah mungkin saya bisa apply diluar jurusan saya ? apa mas pernah mendengar hal seperti ini dikalangan pegawai lainnya ?
    maaf bila banyak bertanya. saya tunggu jawaban mas.

    terima kasih.
    rahman prasetya

    ReplyDelete
  40. Halo Rahman, saya dulu kuliah di Teknik Mesin ITB. Mereka punya IT Department yang saya rasa cocok untuk background pendidikan anda sbg S.Kom. Untuk apply diluar jurusan, tergantung apakah anda memiliki background pengalaman kerja di bidang yg sesuai dengan vacancy yg ada. Banyak jalan menuju roma, begitu jg jalan untuk bekerja di bidang tertentu. Bisa dimulai dr fresh graduate langsung, bisa dari jalur experienced (yg sudah berpengalaman sebelumnya), atau bisa melalui jalur leadership.

    Dalam dunia migas, selain kompetensi akademik, yg sangat diperlukan adalah kemampuan komunikasi (dengan english diutamakan), kemampuan team work, mampu memecahkan masalah dengan kepala dingin, being assertive, not aggressive or passive, berpikir cepat dan pekerja keras, selalu bertanya why, how, and what untuk selalu melakukan improvement dan perbaikan. Salam sukses!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam mas Bas,
      saya mau nanya, karena penasaran saja mas. saya dengar-dengar karyawan yang baru diterima kerja di chevron ada pelatihan ke china selama 6 bulan? apa itu benar adanya mas? mohon tanggapannya ya mas bas,
      Terima Kasih
      Salam Kenal mas Bas

      Delete
  41. Kalo gaji buat accounting dgn background KAP 4 thn berapa ya?

    ReplyDelete
  42. Hai mas Bas, sy ingin tanya, dulu mas Bas butuh wktu brp untuk mnjdi pgwai chevron sjk ngajukan lamaran? Sy mlamar d bagian administrasi chevron januari 2015 tp tdk ada kbar smpai skrg. Bbrp mnggu lalu sy jg mlamar d conoco phillips d bagian yg sma. Sy sendiri hanya memiliki pengalaman krj 1 thn sbg frontline bank.
    Ditunggu jawabannya di fairu_zz@yahoo.com
    Trima ksh sbelumnya. Salam. Agustin

    ReplyDelete
  43. assalamau'alaikum, Kak. saya mau bertanya. apakah fresh graduate bisa melamar ke chevron? apakah fresh graduate yang diterima di PT. Chevron ini hanya yang berasal dari universitas top four, seperti UI dan ITB? terima kasih. mohon jawabannya ya, Kak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, fresh grad bisa. Top four, no. Good luck

      Delete
  44. Assalamu'alaikum mas Bas
    Sekarng saya masih kuliah tingkat 2 di prodi D3 Administrasi Bisnis POLBAN. Saya punya mimpi bergabung di Chevron pada tahun 2017 nanti mas. Pertanyaannya apakah dengan background pendidikan saya tadi memungkinkan untuk bergabung disana? Kalo bisa dibagian apa ya mas?
    Terus menurut mas IPK yang harus saya kejar agar diperhitungkan saat melamar kesana berapa mas?
    Terimakasih. Oh ya, do'akan saya ya mas supaya bisa mengikuti jejak mas hehe

    ReplyDelete
  45. Halo agan agan semua,

    Mau tanya nih gan, diantara agan-agan semua apa ada yg masih bekerja di CHEVRON sampai sekarang?

    Ini alamat email saya : yuniecr@gmail.com

    Mohon konfirmasinya ya agan-agan semua.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  46. Hai mas. Mau tanya untuk mengetahui informasi untuk lowongan di chevron yg valid itu bisa diliat dimana ya?

    Terimakasih

    ReplyDelete